Kamis, 07 Januari 2010

Great Blue Hole




Lagi browsing di Google ..ternyata saya dapat gambar keren banget, ya sekaligus rada merinding disko juga kalau saya tenggelam disana. Namanya Great Blue Hole. letaknya di negara Belize. Lubang besar yang ada ditengah laut dulunya adalah
sebuah Gua. tapi ketika zaman es mulai mencair, menyebabkan gua tersebut tenggelam dan akhirnya menjadi seperti sekarang ini..

The Great Blue Hole adalah lubang pembuangan air besar off pesisir Belize. Itu terletak di dekat pusat Lighthouse Reef, atol kecil 45 mil dari daratan dan Belize City. Lubang berbentuk bulat, lebih dari 1.000 meter dan 400 meter. Ini dibentuk sebagai sebuah sistem gua kapur selama zaman es terakhir ketika permukaan laut jauh lebih rendah. Ketika laut mulai meningkat lagi gua-gua kebanjiran, dan atap runtuh.
On-pantai pembentukan gua-gua yang sama, seperti lubang runtuh besar, sangat terkenal di situs Belize.This dibuat terkenal oleh Jacques-Yves Cousteau yang menyatakan salah satu dari sepuluh situs scuba diving di dunia. Pada tahun 1971, ia membawa kapal, Calypso, ke lubang untuk bagan yang depths.Investigations ekspedisi ini mengukuhkan asal lubang sebagai formasi batu kapur Karst khas, dibentuk sebelum naik di permukaan laut di setidaknya empat tahap, meninggalkan tepian pada kedalaman 70, 160 dan 300 feet.Stalactites yang diambil dari gua terendam, membenarkan pembentukan mereka sebelumnya di atas permukaan laut. Beberapa stalaktit ini juga off-vertikal sebesar 10 ° - 13 ° secara konsisten orientasi, dengan demikian menunjukkan bahwa ada juga telah beberapa pergeseran geologi masa lalu dan memiringkan dataran tinggi yang mendasarinya, diikuti oleh periode panjang di pesawat saat ini.



nih beberapa gambar yang saya dapat:











sumber: dwimurdianto.blogspot.com , www.s11.zetaboards.com , dan www.forumsains.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar