Rabu, 13 Oktober 2010

Perbedaan GNP dan GDP

GDP (Gross Domestic Product) adalah keseluruhan nilai barang dan jasa yang dihasilkan selama 1 tahun oleh warga negara baik itu warga negara asing maupun domestik. GDP menggunakan perhitungan konsep kewilayahan.

GDP dapat dihitung dengan 3 cara metode pendekatan:
  • Metode pendekatan pengeluaran
adalah Y = C + G + I + (X-M) atau Konsumsi + Pengeluaran Pemerintah + Investasi +  (ekspor-impor)

  • Metode pendekatan pendapatan
adalah Y = r + i + w + p atau sewa + upah + bunga + laba


  • Metode pendekatan produksi
adalah Y = jumlah P.Q

sedangkan 

GNP (Gross National Product)  adalah nilai barang dan jasa yang dihasilkan selama 1 tahun oleh warga negara nya sendiri baik itu yang berada dalam negeri maupun yang berada di luar negeri {tidak termasuk warga negara asing}. GNP menggunakan perhitungan konsep kewarganegaraan.

Cara menghitung GNP :

GNP = GDP + Net Factors Income From Abroad



4 komentar:

  1. Indonesia bisa masuk G 20 itu karena dihitung dari GDP atau GNP nya? Apa semakin besar GDP itu bisa dikategorikan perekonomian makro suatu negara semakin baik?

    BalasHapus
  2. dari yang saya pelajari indonesia masuk G20 karena indonesia mempunyai GDP yang besar khususnya di wilayah asia tenggara. untuk bisa masuk dan menjadi anggota G20 bukan dilihat dari seberapa besar GNP tapi dilihat dari GDP nya..
    besarnya GDP tidak mengkategorikan perekonomian makro suatu negara menjadi baik,, karena yg menjadi permasalahnnya adalah pembagian pendapatan nasional yang merata. jadi blm tentu suatu negara mempunyai GDP rendah disebut negara miskin, begitupun sebaliknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih Giovani Belza,, banyak membantu Tugas saya.. salam kenal :)

      Hapus