Kamis, 03 September 2009

Jajanan Indonesia

Indonesia selain kaya akan budaya juga kayak akan kulinernya. Tidak hanya masakannya yang kaya akan rempah-rempah, ternyata Indonesia juga kayak akan kue-kue traditionalnya.

contohnya adalah Klepon. Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan trad
isional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dengan isi gula kelapa (gula Jawa) kemudian direbus dalam air mendidih lalu disajikan dengan parutan kelapa.

Klepon biasa dijajakan bersama getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan sore atau pagi hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau perlu ditambahkan pewarna dari daun suji atau daun pandan.




selain klepon ada juga jajanan Indonesia yang tak kalah enaknya yaitu Ketoprak. Makanan yang populer di Jakarta ini sungguh lezat, sekaligus mengenyangkan.


Selain itu ada juga Bubur Manado atau biasa juga disebut Bubur Tinotuan dari Sulawesi utara. Bubur ini merupakan asli dari Manado. Jika kita jalan-jalan ke Manado belum lengkap rasanya untuk tidak mencicipi Bubur yang satu ini. Bubur ini rasanya extra pedas, makanya bubur ini beda dari yang lain.

Nah itu hanya sebagian kecil dari kuliner Indonesia..masih banyak lagi yang lainnya. Jadi kita harus bangga menjadi anak Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar